SILABUS
MATA PELAJARAN MATEMATIKA WAJIB
Alokasiwaktu: 4 jam pelajaran/minggu
SEMESTER GANJIL DAN GENAP
KELAS X (SEPULUH)
Kompetnsiinti
· KI-1 dan KI-2:Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif, dan pro-aktif dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, kawasan regional, dan kawasan internasional”.
· KI 3: Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
· KI4: Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran |
Menjelaskandanmenentukanfungsi (terutamafungsi linear, fungsikuadrat, danfungsirasional) secara formal yang meliputinotasi, daerahasal, daerahhasil, danekspresisimbolik, sertasketsagrafiknya | - KomposisiFungsi - Fungsi Invers | · Mengidentifikasihubunganantaradaerahasal, daerahhasilsuatufungsidanekspresisimbolik yang mendefinisikannyasertamendiskusikanhubungan yang teridentifikasidenganmenggunakanberbagairepresentasibersamatemannya. · Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan, sertamenggunakanproseduruntukmenyelesaikanmasalahkontektual yang dinyatakandenganfungsilinear, fungsi kuadrat, dan fungsi rasional · Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan, sertamenggunakanproseduruntukmelakukanoperasiaritmetikapadafungsi (penjumlahan, pengurangan, perkalian, danpembagian) danoperasikomposisipadafungsi · Mengamatidanmengidentifikasifaktapadafungsi invers yang akandigunakanuntukmenentukaneksistensinya · Mengumpulkandanmengolahinformasiuntukmembuatkesimpulan, sertamenggunakanproseduruntukmenyelesaikanmasalah yang berkaitandenganfungsi invers suatufungsi · Menyajikan penyelesaian masalah yang berkaitan dengan fungsi |
Menganalisakarakteristikmasing – masinggrafik (titikpotongdengansumbu, titikpuncak, asimtot) danperubahangrafikfungsinyaakibattransformasi f2(x), 1/f(x), |f(x)| dsb | ||
Menjelaskanoperasikomposisipadafungsidanoperasi invers padafungsi invers sertasifat-sifatnyasertamenentukaneksistensinya | ||
Menyelesaikanmasalah yang berkaitandenganoperasikomposisidanoperasi invers suatufungsi |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
3.3 Menentukan nilai persamaan kuadrat dengan satu variabel yang tidak diketahui
| Persamaan Kuadrat | Mengamati § Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat § Mencermati bentuk umum dan cara memfaktorkan dari persamaan kuadrat § Mencermati cara menentukan persamaan kuadrat dengan cara melengkapkan kuadrat sempurna § Mencermati aplikasi persamaan kuadrat dalam masalah nyata
Menanya § Menanya tentang pentingnya persamaan kuadrat dan apa kaitannya dengan permasalahan sehari-hari § Menanya tentang cara menentukan nilai dari persaman kuadrat § Menanya tentang perbandingan dalam cara memfaktorkan dan melengkapkan kuadrat sempurna
Mengumpulkan informasi § Menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat § Menggali informasi tentang ciri, sifat dan karakteristik variabel, koefisien, konstata, dan derajat dari suatu persamaan kuadrat § Menggali informasi tentang strategi memfaktorkan berbagai bentuk persamaan kuadrat § Menggali informasi tentang cara mennetukan persamaan kuadrat dengan rumus kuadratik § Menggali informasi tentang diskriminan pada persamaan kuadrat § Menggali informasi tentang bentuk suatu persamaan kuadrat berdasarkan kriteria koefisien dan konstata yang dimiliki serta melakukan manipulasi aljabar tertentu untuk menyederhanakan atau mengubah bentuk suatu ekspresi ke bentuk persamaan kuadrat § Menggali informasi untuk menentukan solusi persamaan kuadrat atau besaran yang dicari dari masalah, serta memberikan alasan kebenaran solusinya § Menggali informasi aplikasi persamaan kuadrat dalam masalah nyata
Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis penerapan persamaan kuadrat dalam kehidupan sehari-hari § Menganalisis langkah-langkah menentukan persamaan kuadrat jika diketahui adalah akar-akar persamaannya § Menganalisis determinan dan selesaian akar persamaan kuadrat § Menganalisis perbedaan persamaan kuadrat dan bentuk lainnya melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari § Menganalisis unsur-unsur persamaan kuadrat berdasarkan kurvanya Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai penentuan akar persamaan kuadrat dengan memfaktorkan dan melengkapkan kuadrat sempurna, serta penerapan persamaan kuadrat dalam masalah nyata § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi § Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan | Sikap Observasi § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai persamaan kuadrat
Pengetahuan Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan persamaan kuadrat § Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan persamaan kuadrat dalam keseharian § Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan persamaan kuadrat
Keterampilan: Portofolio § Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan persamaan kuadrat kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Projek § Menemukan permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan persamaan kuadrat, lalu membuat soal dan solusi yang berkaitan dengan permasalahan tersebut | 10 JP | § Buku teks matematika Kelas X Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan persamaan kuadrat, alat peraga, lingkungan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar