MATH IS FUN

Selamat Datang Di Blog Saya

Selasa, 22 Desember 2020

 SILABUS PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran : Matematika

Kelas : VII

Alokasi Waktu : 5 Jam Pelajaran/Minggu

Kompetensi Inti (KI) :

· KI-1 (Spiritual) : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya

· KI-3 (Soasial) : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

· KI-3 (Pengetahuan) : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

· KI 4 (Keterampilan) : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

 

Kompetensi Sikap Spiritual dan Kompetensi Sikap Sosial, dicapai melalui pembelajaran tidak langsung (indirect teaching), pada pembelajaran Kompetensi Pengetahuan dan Kompetensi Keterampilan melalui  keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah dengan memperhatikan karakteristik mata pelajaran, serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.

Penumbuhan dan pengembangan kompetensi sikap dilakukan sepanjang  proses pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.

 

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran


3.1 Menjelaskan bentuk aljabar dan unsur-unsurnya menggunakan masalah kontekstual

3.2 Menjelaskan dan melakukan operasi pada bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian)

4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar

4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi pada bentuk aljabar

Bentuk Aljabar

Menjelaskan koefesien, variabel, konstanta, dan suku pada bentuk aljabar

Operasi hitung bentuk aljabar

Penyederhanaan bentuk aljabar

Mencermati masalah sehari- hari yang berkaitan dengan penggunaan konsep bentuk aljabar

Mencermati bentuk aljabar dari berbagai model bentuk, penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar yang disajikan, cara menyederhanakan bentuk aljabar

Menyajikan hasil pembelajaran tentang bentuk aljabar, operasi hitung aljabar, dan penyederhanaan bentuk aljabar

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan bentuk aljabar, operasi bentuk aljabar, serta penyederhanaan bentuk aljabar


3.3   Menganalisis aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)

4.3   Menyelesaikan masalah berkaitan dengan aritmetika sosial (penjualan, pembelian, potongan, keuntungan, kerugian, bunga tunggal, persentase, bruto, neto, tara)

Aritmetika Sosial

Harga penjualan dan pembelian

Keuntungan, kerugian, dan impas

Persentase untung dan rugi

Diskon

Pajak

Bruto, tara, dan netto

Bunga tunggal

Mencermati kegiatan-kegiatan sehari-hari berkaitan dengan transaksi jual beli, kondisi untung, rugi, dan impas

Mencermati cara menentukan diskon dan pajak dari suatu barang

Mengamati konteks dalam kehidupan di sekitar yang terkait dengan bruto, neto, dan tara

Mengumpulkan informasi tentang cara melakukan manipulasi aljabar terhadap permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan artimetika sosial

Menyajikan hasil pembelajaran tentang aritmetika sosial

Memecahkan masalah yang berkaitan dengan artimetika sosial


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILABUS   Mata Pelajaran : Matematika Peminatan Satuan Pendidikan : SMA / MA Kelas : XII   Kompetnsi inti KI-1 dan KI-2: Mengh...