SILABUS PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas : VIII (Delapan)
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
Mengidentifikasi unsur, keliling, dan luas dari lingkaran Menentukan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring Menyelesaikan permasalahan nyata yang terkait penerapan hubungan sudut pusat, panjang busur, dan luas juring
| Lingkaran | Mengamati § Mencermati masalah sehari-hari yang berkaitan dengan konsep lingkaran § Mencermati unsur-unsur lingkaran (busur, jari-jari, diameter, tali busur, apotema, juring, tembereng, dan sudut pusat) § Mencermati bentuk sudut pusat dan sudut keliling yang menghadap busur yang sama § Mencermati proses ditemukannya rumus keliling lingkaran
Menanya § Menanya tentang konsep dan bentuk lingkaran yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, misal untuk membuat roda, mempermudah gerak benda, dsb § Menanya tentang kelebihan dan manfaat benda bentuk lingkaran, bagaimana terampil melukis lingkaran dengan media yang tersedia, dsb § Menanya tentang keterkaitan antar unsur-unsur lingkaran § Menanya hubungan sudut pusat dan sudut keliling § Menanya hubungan antar beberapa susut keliling yang menghadap sudut pusat yang sama § Menanya tentang hubungan antara sudut pusat dengan panjang busur dan luas juring
Mengumpulkan Informasi § Menggali informasi tentang masalah sehari-hari yang berkaitan dengan lingkaran, seperti nilai estetika dan fungsi berbagai benda berbentuk lingkaran atau memiliki permukaan lingkaran § Menggali informasi tentang unsur-unsur lingkaran (busur, jari-jari, diameter, tali busur, apotema, juring, tembereng, dan sudut pusat) § Menggali informasi tentang nilai rasio atau perbandingan keliling dengan diameter sebagai π dengan nilai kira-kira 3.14 § Menggali informasi tentang jari-jari, diameter, keliling, luas ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan masalah lingkaran § Menggali informasi tentang daerah juring lingkaran dengan sudut pusat tertentu § Menggali informasi tentang besar sudut pusat, panjang busur dan luas juring adalah senilai/seharga/sebanding/linear menggunakan sudut, panjang busur dan luas juring § Menggali informasi tentang hubungan antar beberapa susut keliling yang menghadap sudut pusat yang sama § Menggali informasi untuk merumuskan model atau kalimat matematika yang tepat, lengkap dan cukup berdasarkan masalah sudut pusat, busur dan juring, serta syarat keberlakuan modelnya § Menggali informasi tentang algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah sudut pusat, busur dan juring § Menggali informasi tentang metode penyelesaian masalah yang berkaitan dengan sudut pusat, busur, dan juring § Menggali informasi tentang sudut pusat dan sudut keliling lingkaran § Menggali informasi tentang tahapan dan prosedur penyelesaian masalah sudut pusat, busur dan juring § Menggali informasi untuk menghitung keliling dan luas lingkaran § Menggali informasi tentang garis singgung pada satu titik pada dan di luar lingkaran § Menggali informasi tentang panjang garis singgung lingkaran dari satu titik di luar lingkaran § Menggali informasi tentang panjang garis singgung persekutuan dalam dan luar lingkaran § Melukis lingkaran dalam segitiga § Menggali informasi tentang Melukis lingkaran luar segitiga
Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis penerapan konsep lingkaran dalam masalah nyata § Menganalisis hubungan antara unsur-unsur lingkaran (busur, jari-jari, diameter, tali busur, apotema, juring, tembereng, dan sudut pusat) § Menganalisis sudut pusat dan sudut keliling § Menganalisis panjang busur dan luas juring § Menganalisis rumus keliling dan luas lingkaran berdasarkan hasil pengamatan atau percobaan Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai unsur-unsur lingkaran, hubungan antara sudut pusat dengan sudut keliling yang menghadap busur sama, dan hubungan antara sudut pusat dengan panjang busur dan luas juring § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan | Sikap Observasi § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai lingkaran
Pengetahuan Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan lingkaran § Tugas mandiri tidak terstruktur: mencatat dan mencari informasi penggunaan lingkaran
§ Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan lingkaran
Keterampilan Portofolio § Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan lingkaran dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
Projek § Memotong lingkaran dengan potongan juring yang sama untuk menemukan luas lingkaran dengan pendekatan bangun datar lain
| 25 JP | § Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan limngkaran, alat peraga, lingkungan |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
Menerapkan pola dan generalisasi untuk membuat prediksi Memilih strategi dan aturan-aturan yang sesuai untuk memecahkan suatu permasalahan Mengenal pola bilangan, barisan, deret, dan semacam, dan memperumumnya; menggunakan untuk menyelesaikan masalah nyata serta menemukan masalah baru | Pola Bilangan, Barisan dan Deret | Mengamati § Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pola, barisan dan deret § Mencermati pola bilangan, barisan, deret serta memperumumnya; § Mencermati pola dan generalisasi untuk membuat prediksi
Menanya § Menanya tentang penerapan pola dalam kehidupan sehari-hari § Menanya tentang penggunaan pola untuk memprediksi kejadian, aktifitas sehari-hari, maupun aktifitas sosial lainnya § Menanya tentang kelebihan dan manfaat penggunaan pola untuk memprediksi § Menanya tentang pola bilangan, barisan, deret dan cara memperumumnya;
Mengumpulkan Informasi § Menggali informasi tentang permasalahan sehari-hari yang memiliki pola tertentu, serta memberi alasan dari ciri, sifat atau karakteristik pola tersebut § Menggali informasi tentang cara, strategi, metode untuk membuat generalisasi beberapa sifat dalam matematika melalui pendekatan percobaan, pengamatan pola, atau secara deduktif sederhana § Menggali informasi tentang pola, barisan dan deret melalui contoh dari pola/barisan bilangan, geometris, ataupun fenomena lainnya, serta strategi untuk melakukan prediksi dalam menentukan polanya § Menggali informasi tentang pola bilangan, pola geometris, dan fenomena sehari-hari serta membuat generalisasi untuk merumuskan masalah baru/lainnya § Menggali informasi tentang organisasi data dan memilih informasi yang relevan berkaitan dengan masalah pola bilangan, pola geometris, dan fenomena sehari-hari dengan merepresentasikan secara matematis, melalui model atau melalui diagram § Menggali informasi tentang cara memilih algoritma atau prosedur operasi serta manipulasi matematika yang tepat dalam menyelesaikan model dari masalah pola bilangan, pola geometris, dan fenomena sehari-hari § Menggali informasi tentang cara memperumum pola bilangan, barisan, deret
Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan pola, barisan, dan deret § Menganalisis perbedaan pola, barisan dan deret melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari, maupun dalam matematika § Menganalisis cara-cara menyatakan pola, barisan dan deret § Menanalisis cara memprediksi menggunakan pola dan generalisasi
Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai pola bilangan, barisan, dan deret § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
| Sikap: Observasi Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai pola bilangan, barisan, dan deret
Pengetahuan: Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan pola bilangan, barisan dan deret § Tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi penggunaan pola bilangan, barisan dan deret dalam kehidupan sehari-hari § Tes tertulis: mengerjakan soal-soal berkaitan dengan pola bilangan, barisan, dan deret
Keterampilan: § Portofolio Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan pola bilangan, barisan, deret, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
| 15 JP | Buku teks matematika Kelas VIII Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan pola barisan dan deret, korek api, lidi, alat peraga lainnya, lingkungan |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar