MATEMATIKA
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
Kelas : IX (sembilan)
Kompetensi Inti :
KI 1 | : | Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya |
KI 2 | : | Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya |
KI 3 | : | Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata |
KI 4 | : | Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
|
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar |
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya |
| Pembelajaran KI 1 dan KI 2 dilakukan secara tidak langsung (terintegrasi) dalam pembelajaran KI 3 dan KI 4 | Penilaian KI 1 dan KI 2 dilakukan melalui observasi, penilaian diri, penilaian teman sejawat oleh peserta didik, dan jurnal |
|
|
Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik dan kreatif, konsisten dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah sehari-hari, yang merupakan pencerminan sikap positif dalam bermatematika Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar Memiliki sikap terbuka, santun, objektif, menghargai pendapat dan karya teman dalam interaksi kelompok maupun aktivitas sehari-hari. |
|
|
|
|
|
gun | |||||
Menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola Menaksir dan mengitung luas permukaan bangun datar dan bangun ruang yang tidak beraturan dengan menerapkan kombinasi geometri dasarnya | Bangun Ruang Tabung Kerucut Bola Luas Tabung Luas Kerucut Luas Bola Volume Tabung Volume Kerucut Volume Bola | Mengamati § Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan luas dan volume bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) dan bangun ruang tidak beraturan § Mencermati tentang luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola § Menanya tentang penerapan luas dan volume tabung, kerucut, dan bola dalam kehidupan sehari-hari § Menanya tentang cara menghitung, menemukan, dan menaksir luas dan volume berbagai benda di sekeliling melalui percobaan § Menanya tentang cara menentukan luas selimut dan volume tabung, kerucut, dan bola
Mengumpulkan Informasi § Menggali informasi tentang jaring-jaring tabung, kerucut, dan bola (yang tertutup atau tanpa tutup beberapa bagian) § Menggali informasi tentang luas permukaan serta volume tabung, kerucut, dan bola atau berdasarkan konep luas dan volume bangun prisma dan limas. § Menggali informasi tentang luas, volume ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan tabung, kerucut, dan bola § Menggali informasi tentang sketsa bangun ruang beraturan atau bangun geometri dasar yang memiliki kesamaan atau kemiripan ukuran dengan bangun ruang tidak beraturan (bersisi lengkung ataupun yang tidak lengkung) § Menggali informasi tentang strategi menghitung luas dan volume bangun geometri dasar sebagai cara untuk menaksir luas dan volume bangun ruang tidak beraturan sisi lengkung/ tidak lengkung § Menggali informasi tentang luas, volume ataupun unsur lainnya yang berkaitan dengan bangun ruang tidak beraturan bersisi lengkung ataupun yang tidak lengkung
Menalar/Mengasosiasi § Menganalisis permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan luas dan volume tabung, kerucut, dan bola § Menganalisis rumus luas dan volume bangun datar dan bangun ruang sederhana serta untuk menaksir bangun-bangun tidak beraturan melalui contoh kejadian, peristiwa, situasi atau fenomena alam dan aktifitas sosial sehari-hari § Menggali informasi tentang unsur-unsur rumus luas dan volume serta perilaku hubungan fungisionalnya
Mengomunikasikan § Menyajikan secara tertulis atau lisan hasil pembelajaran, apa yang telah dipelajari, keterampilan atau materi yang masih perlu ditingkatkan, atau strategi atau konsep baru yang ditemukan berdasarkan apa yang dipelajari mengenai luas permukaan dan volume tabung, kerucut, serta bola § Memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, sanggahan dan alasan, memberikan tambahan informasi, atau melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya § Membuat rangkuman materi dari kegiatan pembelajaran yang telah diilakukan
| Sikap: § Mengamati ketelitian dan rasa ingin tahu dalam mengerjakan tugas, menyimak penjelasan, atau presentasi peserta didik mengenai bangun ruang sisi lengkung
Pengetahuan: Penugasan § Tugas terstruktur: mengerjakan latihan soal-soal yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung(tabung, kerucut, dan bola) tugas mandiri tidak terstruktur: mencari informasi seputar bangun ruang sisi lengkung dan penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari § Tes tertulis mengerjakan soal-soal berkaitan dengan bangun ruang (tabung, kerucut, dan bola)
Keterampilan: Portofolio Mengumpulkan bahan dan literatur berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung (tabung, kerucut, dan bola) dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari kemudian disusun, didiskusikan dan direfleksikan
| 30 JP | Buku teks matematika Kelas IX Kemdikbud, Buku Pengayaan yang berkaitan dengan bangun ruang sisi lengkung, alat peraga, benda-benda lingkungan yang berbentuk tabung, kerucut, dan bola |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar